Shinjuku Gyoen, Spot Terbaik untuk Melihat Indahnya Sakura di Jepang

0
72
views

 

niindo.com- Berlibur ke negara empat musim seperti Jepang memang menyenangkan. Jepang sendiri memiliki banyak potensi wisata yang bisa dinikmati oleh setiap wisatawan di sana. Salah satu lokasi wisata yang mudah untuk dijangkau, murah, praktis, dan memuaskan adalah taman-taman yang ada di berbagai tempat di Jepang, salah satunya di Shinjuku, Tokyo. Tokyo merupakan pusat metropolitan Jepang yang mewah dengan gedung-gedung bertingkatnya serta kepadatan dan kesibukan penduduknya. Besarnya salah satu kota dari Jepang ini bukan berarti tidak memiliki sisi alami di dalamnya. Tokyo memiliki beberapa taman yang indah dan nyaman untuk dijadikan tempat bersantai dan beristirahat dari kepenatan dan kesibukan kerja. Terlebih saat musim semi tiba, karena di Tokyo ini terdapat banyak spot menarik untuk melakukan hanami (aktifitas menikmati mekarnya bunga Sakura di musim semi). Salah satu taman terbesar dan terkenal di Tokyo untuk melakukan hanami, yaitu Shinjuku Gyoen National Garden.

Shinjuku Gyoen adalah sebuah taman yang berada di antara wilayah Shinjuku dan wilayah Shibuya. Taman Nasional Shinjuku Gyoen juga merupakan salah satu taman favorit di Tokyo, yang memiliki luas 58,3 hektar dengan keliling 3,5 km. Letaknya sangat strategis karena dekat dengan Stasiun Shinjuku. Kita bisa duduk di bangku taman ini, sembari menikmati gedung pencakar langit atau suasana taman yang selalu menyenangkan.

Taman yang luas ini terbagi menjadi 3 bagian yang dipadukan dari taman jepang dan barat. Ketiga taman ini memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Selain itu, Shinjuku Gyoen memiliki 3 gerbang sebagai pintu masuknya. kita bisa melalui gerbang sesuai dengan taman mana yang ingin kita lihat terlebih dahulu, dari stasiun mana kita tiba, atau alasan lainnya. Untuk lebih jelasnya tentang Shinjuku Gyoen mari ikuti ulasan berikut.

Shinjuku Gyoen Sakura

Tokyo punya banyak taman yang tersebar di berbagai distrik. Dari sekian banyak taman populer yang ada di Tokyo, konon salah satu taman terbesar sekaligus taman terpopuler adalah Shinjuku Gyoen National Garden yang terletak di distrik Shinjuku, tempatnya gedung-gedung kantor pemerintah kota Tokyo berada. Taman ini biasanya dipenuhi pengunjung setiap musim semi atau gugur, walaupun pada musim lainnya pun selalu didatangi pengunjung. Ini dikarenakan orang Jepang ada kebudayaan untuk pergi melakukan acara Hanami, yaitu menikmati mekarnya bunga Sakura di musim semi atau piknik bersama untuk melihat sakura di musim semi.

Shinjuku Gyoen adalah taman imperial dimana kita dapat menikmati pemandangan menakjubkan atau melakukan hanami karena di sini ditanami berbagai jenis tanaman. Kita dapat menikmati bunga sakura dan bunga-bunga lain yang bermekaran. Taman ini juga tempat yang sempurna untuk beristirahat di musim apapun dengan cuapa seperti apapun, namun mungkin waktu yang terbaik adalah pada siang hari di tengah musim hanami. Biasanya hari-hari pertama bulan April.

Sejarah Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen bermula pada periode Edo (1603-1867) sebagai tempat tinggal tuan-tuan tanah Tokyo. Pada zaman Edo, Shogun mewariskan tanah kepada Tuan Tanah Naito
(daimyo) dari Tsugura, sehingga dibuatlah taman di tanah ini pada
tahun 1772. Setelah Restorasi Meiji, rumah dan tanahnya diubah menjadi pusat eksperimen agrikultur. Lalu, diubah lagi menjadi sebuah kebun raya sampai akhirnya menjadi taman kekaisaran pada tahun 1879. Konfigurasi taman diselesaikan pada tahun 1906. Pada akhir perang dunia II di tahun 1945, sebagian taman hancur karena adanya serangan udara. Setelah perang berakhir dibangunlah kembali taman ini.

Yuridiksi atas taman bagian luar Istana Kekaisaran Tokyo dan Istana Kekaisaran Kyoto diserahkan kepada Kementerian Kesehatan dan Sosial (sekarang bagian dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial Jepang) pada tahun 1947. Taman ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 21 Mei 1949,  dengan nama “Taman Kekaisaran Nasional Shinjuku”. Shinjuku Gyoen pun pernah terpilih sebagai tempat ritual pemakaman Kaisar Showa sebelum akhirnya dimakamkan di area Pemakaman Kekaisaran Musashi pada tahun 1989. Kemudian pada tahun 2001, taman ini memiliki nama resmi “Taman Nasional Shinjuku Gyoen” di bawah yuridiksi Kementrian Lingkungan Hidup.

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here