Inovasi Produsen Mobil Jepang Tak Tertandingi

0
101
views
Inovasi Otomotif Mobil Jepang

niindo.com- Toyota, Honda, dan Nissan adalah manufaktur otomotif paling inovatif menurut daftar top 100 inovator global yang dibuat Thomson Reuters pada 2015. Hal ini membuktikan Jepang mendominasi pengembangan otomotif di dunia.

Dalam daftar tahunan itu penilaian dihitung dari tiga faktor penting, yakni jumlah paten yang telah diajukan. Lokasi di mana saja paten itu diajukan dan berapa banyak setiap paten ditiru perusahaan lain.

Selain Toyota, Honda, dan Nissan, tidak ada manufaktur otomotif lain yang masuk daftar. Jepang makin berjaya sebab wakil dalam daftar itu juga ditambah lima pemasok, yaitu Aisin Seki, Bridgestone, JTEKT, Yamaha, dan Yazaki.

Sementara itu dari bidang otomotif non-Jepang, ada dua pemasok yang masuk dalam daftar yakni Valeo dari Perancis, dan dan Johnson Controls dari Amerika Serikat (AS).Dari 100 perusahaan paling inovatif, total 40 perusahaan (termasuk di luar otomotif) tercatat dalam daftar, sedangkan AS menyumbangkan 35 perusahaan.

“Jepang mendominasi dari tahun ke tahun. Inovasi mereka dalam angka pertumbuhan luar biasa,” kata Bob Stembridge, analis senior yang merangkai daftar, seperti diberitakan Automotive News.

Daftar yang banyak dikuasai oleh perusahaan teknologi komputer, farmasi, dan kimia itu disusun berdasarkan tiga faktor. Pertama adalah jumlah hak paten yang diperoleh, jumlah kawasan hak paten itu didaftarkan, dan seberapa sering hak paten itu digunakan oleh perusahaan lain.

Dalam daftar tahunan yang dirilis Reuters bulan ini, ada pula beberapa produsen komponen mobil Jepang seperti Aisin Seki, Bridgestone, JTEKT, Yazaki dan Yamaha, yang terkenal dengan produksi sepeda motornya di dunia. (wf)

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here