Perkembangan Teknologi Dan Industrialisasi Di Jepang

0
250
views
Kemajuan Teknologi Di Beberapa Negara Maju Termasuk Jepang

niindo.com- Jepang merupakan negara yang terletak di benua Asia dengan luas area 377,9 km2 dan jumlah populasi penduduk sebanyak 126,32 juta. Negara matahari terbit ini memiliki sejarah dalam perkembangan teknologi dan industriali. Tentu hal tersebut membawa Jepang menjadi negara yang maju dalam bidang teknologi dan industrialisasi.

Dalam sejarah dunia, Jepang sempat mengalami kehancuran akibat kekalahannya dalam perang dunia 2. Namun, Jepang dapat bangkit dan maju hingga memilki pendapatan tertinggi Gross Domestic Product (GDP) menurut the Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) kurang lebih sebesar US$4,11 triliun pada 2015, dan GDP US$ 32.5 ribu perkapita.

Jepang merupakan salah satu negara yang maju menempatkan teknologi sebagai elemen penting dalam era globalisasi. Teknologi dipercaya memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi dan kemajuan suatu negara. Dalam teknologi negara Jepang menjadi pelopor perkembangan teknologi masa depan, sebagai salah satunya robot yang menjadi mesin dalam suatu industri di dunia. Dan dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknologi menjadi kunci besar untuk pertumbuhan teknologi jangka panjang.

Restorasi Meiji (Meiji Restoration) merupkan ttahap awal perkembangan teknologi dan industrialisi di negara Jepang. Era Meiji (1868-1912) dikenal sebagai moderniasi Jepanng dan menjadi pasok perubahan Jepang dari negara feudal menjadi negara industri dunia.

Berakhirnya perang dunia 2, Jepang mencapai kemabjuan di bidang industri. Pada krisis minyak mentah tahun 1973, harga minyak bumi meningkat pesat dan berdampak pada Jepang dalam bidang industry kimia yang menggunakan minyak bumi atau bahan dasar logam mengalami kesulitann dan berdampak dalam pembuatan alat-alat produksi. Namun negara ini mampu mengatasinya dengan solusi penghematan energi.

Di sisil lain, industri Jepang membuat produk yang memiliki kualitas dan kemampuan saing yang baik sehingga produk tersebut dapat di ekspor ke luar negeri. Namun, pada tahun 1980-an, saat perdagangan Jepang berhasil meningkat pesat, friksi perdagangan Jepang menjadi tumbuh.

Mulai pertengahan tahun 1980, Jepang sukses disebabkan kenaikan nilai mata uang Yen. Pengeksporan ke luar negeri produk buatan Jepang menjadi salah satu kunci atas kenaikan nilai mata uang Yen tersebut. Hingga sekarang, Jepang mampu unjuk gigi dengan keberhasilannya di teknologi dan industrialisasi.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.ajarekonomicom/2016/09/perkembangan-teknologi-dan.html

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here