Pola Hidup Orang Jepang Yang Bisa Kita Praktikan Agar Lebih Bugar Setiap Hari

0
218
views
Rahasia Hidup Sehat Ala Jepang

niindo.com- Kalau diperhatikan, jarang sekali, kita melihat orang Jepang yang kegemukan. Dari banyak penelitian yang dilakukan, ternyata yang memengaruhi fenomena ini adalah kombinasi diet sehat yang mereka lakukan PLUS gaya hidup aktif. Ya, coba bayangkan saja, mereka terbiasa berjalan kaki kemana-mana.

Namun tenang saja, asal ada kemauan kita juga bisa kok ‘mengikuti’ kebiasaan orang Jepang ini. Tentunya setelah disesuaikan terlebih dahulu, ya, mengingat kondisi Indonesia yang berbeda dengan Jepang. Yuk, kita coba!

  1.   Konsumsi makanan fermentasi 
    Tinggi protein, vitamin, dan mineral, makanan fermentasi bermanfaat bagi kesehatan kita. Probiotik yang terkandung dalam makanan fermentasi juga baik untuk pencernaan. Nah, kalau orang-orang Jepang terbiasa makan miso, shoyu, umeboshi, atau nato, kita juga punya tempe kedelai, tauco, tape, dan masih banyak lagi!

 

  1.  Mengonsumsi makanan laut
    Ada alasannya mengapa Menteri Susi benar-benar galak menggalakkan gemar makan ikan di negeri ini. Indonesia kaya ikan, tapi kebiasaan makan ikan warganya masih rendah. Wah, padahal kekayaan laut kita itu juga kaya manfaat, lho untuk tubuh. Tak usah jauh-jauh terbayang salmon; ikan kembung, lele, teri dan belut lokal kita itu saja punya kandungan DHA yang lebih tinggi, lho!

 

  1.  Mengolah makanan dengan cara memasak tradisional
    Setiap masyarakat punya cara lokal berbeda dalam mengolah makanan mereka. Orang-orang Jepang senang makan makanan mentah, menumis, atau memanggang makanan untuk menghindari kelebihan konsumsi minyak. Kita juga bisa menikmati gado-gado dan karedok; atau kalau Anda masih sulit makan sayur, Anda bisa mulai dengan makan potongan sayur-sayuran yang ditumis dan direbus

 

  1.  Hindari makan sambil jalan
    Orang-orang Jepang terbiasa menikmati waktu makan mereka sebagai momen khusus. Mereka juga makan dengan porsi kecil, dan tak makan sambil jalan atau dengan terburu-buru. Makan perlahan juga terbukti membuat tubuh kita lebih peka, dan memberitahu kapan waktunya berhenti makan sebelum kita kekenyangan dan malah jadi mengantuk setelahnya.

 

  1.  Banyak bergerak
    Saran yang satu ini tak akan habis kami ulangi. Bagaimana tidak? Gaya hidup sedentary alias kebanyakan duduk sudah terbukti berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk memulainya, Anda bisa pasang alarm dan wajib bergerak setiap sejam sekali selama jam kerja. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi wadah minum Anda, berjalan ke toilet, atau stretching ringan di kursi. Naikkan level Anda pelan-pelan, ya! (w/f)
Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here