Arjuna UGM, Perintis Tim Mobil Listik di Kompetisi Jepang

0
76
views

NIINDO.COM-Inovasi   mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) dipastikan maju dalam ajang kompetisi pembuatan mobil balap tahunan “FSAE-Japan 2019” di Jepang.

“FSAE-Japan 2019” adalah kompetisi tahunanmahasiswa di seluruh dunia untuk membuat sebuah mobil balap dengan spesifikasi tertentu yaitu ICV, EV, Hybrid, dan Driverless.

kompetisi ini adalah kompetisi internasional baik dalam perlombaan tim maupun performa mobil. Mahasiswa UGM yang tegabung dalam tim Arjuna  bakal ikut dalam kompetisi mobil listrik atau EV (Electric Vehicle).

sumber: arjuna UGM go japan

Tim Arjuna UGM sendiri berdiri pada tahun 2012 dan terdiri dari 2 bagian; bagian Teknis dan bagian Non-teknis. Bagian Teknis mempunyai tugas membuat mobil sedang Non-Teknis bekerja pada bidang administrasi dan marketing Arjuna sendiri.

Tim EV mengawali debut pertamanya di KMLI 2013 dengan menyabet beberapa gelar seperti Best Accelerate dan Best Team di KMLI. Debut ini dilanjutkan dengan mengikuti FSAE-Japan 2017.

Arjuna adalah tim EV pertama mewakili Indonesia di ajang “FSAE-Japan 2017”. Tahun 2017, Arjuna berhasil menjadi 2nd Best Overall Result for ASEAN dan 4th Best Business Presentation.

sumber:team arjuna UGM

Sebagai tim EV mahasiswa pertama di Indonesia, Arjuna berhasil membuktikan bahwa Arjuna memiliki standar tinggi dan mampu bersaing dengan tim EV mancanegara.

Mobil Arjuna generasi saat ini menggunakan motor BLDC Enstroj Emrax 208 80 kW yang disuplay dengan baterai Li-Ion NMC Volt, 300 Ampere.

Tahun ini, Arjuna masih mempertahankan space frame dari steel tube namun memiliki desain lebih ringan dan lebih rigid dari tahun sebelumnya, serta dipadukan dengan sisi ergonomis bagi pengemudi.

Dari segi aerodinamis mobil, generasi ini memiliki design body  lebih bagus dari tahun sebelumnya sehingga mendukung performa lebih baik. Sedangkan dari sisi vehicle dynamic pada mobil Arjuna generasi ini, Arjuna melakukan upgrade untuk bagian steering dan breaking.

Dari bagian elektronis, khususnya bagian powertrain sendiri menjadi lebih baik sehingga saat dipadukan dengan body, mobil generasi ini sudah lebih ringan dari generasi sebelumnya dan berjalan lebih kencang.

Target Arjuna pada FSAE-Japan 2019 ini antara lain adalah menjadi Best Electrical SystemTop 10 Acceleration, Top 5 Overall, dan Top 3 Efficiency. “Dalam mengeksekusi target besar tersebut, tahun ini kami didukung Suzuki selaku Official Partner of Automotive Brand,” tambah Ariestyan.(a/ap)

Editor: ikhsan.muafikul

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here