Jepang Luncurkan Aturan Visa Baru Hari Ini, Guna Mengatasi Kekurangan Tenaga Kerja Serta Meningkatkan Etos Tenaga Kerja

0
157
views

VISA BARU – Mulai hari ini Jepang meluncurkan visa baru yang memungkinkan pekerja tinggal selama 5 tahun. Pada hari yang sama, diresmikan pula agen imigrasi untuk mengawasi dan mendukung pembuatan visa. Dengan visa baru ini diharapkan banyak pekerja asing yang masuk ke Jepang untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja.

Orang asing dengan keterampilan Bahasa Jepang dan pekerjaan tertentu dapat mengajukan status residen yang disebut Tenaga Kerja Khusus No. 1, yang memberikan hak-hak kerja di 14 sektor, seperti konstruksi, pertanian, dan perawatan, hingga total 5 tahun.

sumber: kunker pemprof jateng ke jepang meninjau tenaga kerja indonesia disalah satu perusahaan di jepang

Pekerja yang mahir di 2 sektor – konstruksi dan pembuatan kapal – bisa memperpanjang masa tinggal mereka dengan mendapatkan status Pekerja Terampil No. 2. Ini memungkinkan pemegang visa membawa anggota keluarga dan tidak memiliki batasan berapa kali mereka dapat memperpanjang visanya.

Pemerintah berharap, sebanyak 345.150 orang asing akan memperoleh visa tipe No. 1 selama 5 tahun ke depan. Jumlah perawat diharapkan mencapai 60.000 pekerja.

Untuk mengatasi kekhawatiran eksploitasi, Kementerian Kehakiman telah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan pengusaha membayar upah yang setara atau lebih tinggi dari kewajiban warga negara Jepang. Pembayaran mereka harus dilakukan langsung ke rekening bank pekerja.

Pemerintah mengharapkan, sebagian besar pemohon visa No. 1 adalah pemagang (kenshusei) yang sudah lebih dari 3 tahun karena mereka dapat memperoleh visa baru tanpa melalui tes.

Bagi orang asing di luar negeri yang ingin mengajukan visa No. 1, pemerintah sedang bersiap untuk mengadakan tes kemahiran Bahasa Jepang di 9 negara yakni Kamboja, Tiongkok, Indonesia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Pelamar jenis visa No. 2 tidak harus mengikuti tes kecakapan Bahasa Jepang tetapi tingkat keterampilan mereka akan diuji. ( editor ikhsan.muafikul)

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here