Timnas Indonesia Ikuti Jejak Jepang Membersihkan Ruang Ganti Setelah Pertandingan

0
126
views

NIINDO-Sports Malang  Striker Arema FC, Dedik Setiawan sudah kembali dari rangkaian agenda bersama Timnas Indonesia. Kini, dia fokus dengan Arema untuk menatap perempat final Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar.

Meski tak sempat ikut latihan, Dedik dibawa dalam rombongan tim Singo Edan menuju Bekasi. Arema harus bertandang ke markas Bhayangkara FC, Stadion Patriot Candrabaga pada 30 Maret.

Selain lebih percaya diri, Dedik mengaku dapat satu hal lain dari pemusatan latihan Timnas Indonesia, yakni kedisiplinan yang tinggi.

“Di timnas sekarang, disiplinnya lebih tinggi. Baik saat latihan maupun pertandingan, kami selali membersihkan sampah sendiri di ruang ganti. Meski sederhana tapi itu jadi salah satu bentuk tanggungjawab yang bisa terbawa dalam kehidupan sehari-hari,” jelas pemain 24 tahun ini.

Di Arema, kedisiplinan seperti itu masih belum dilakukan karena tugas membersihkan ruang ganti diserahkan kepada bagian perlengkapan atau petugas stadion.

Dedik akan membawa kebudayan itu. Namun dia tentu tidak akan membersihkan ruang ganti sendirian. Setidaknya, mantan striker Persekam Metro FC ini tidak membuang sampahnya sembarangan.

Selain itu, kedisiplinan latihan tepat waktu dan yang lainnya juga otomatis akan terbawa dengan sendirinya. “Intinya, kedisiplinan segala hal sampai sekarang masih terbawa. Jadi ini akan lebih baik untuk saya,” sambungnya.

Kebudayaan membersihkan kamar ganti ini sebenarnya dipoluperkan Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 Rusia. Tim Samurai biru itu selalu membersihkan ruang ganti sendiri usai pertandingan.(editor: Ikhsan.Muafikul)

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here