Besok Akan Digelar Expert Sharing di Surabaya Bersama Mahmudi Fukumoto

0
612
views

Kali ini akan mengusung tema “Revolusi Media Digital 5.0” atau yang juga dikenal dengan Revolusi Super Smart Society 5.0.

Super Smart Society 5.0 adalah suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based) yang dikembangkan oleh Jepang. Konsep ini lahir sebagai pengembangan dari revolusi industri 4.0 yang dinilai berpotensi mendegradasi peran manusia.

Masih dalam rangka Hari Pers Nasional 2019 yang di gelar di Surabaya, acara Expert Sharing ini akan bertempat di Aula Garuda Mukti Kampus C Universitas Airlangga. Dihadiri oleh beberapa expert seperti Ibu Niken Widiastuti (Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo), Bapak Karni Ilyas (Jurnalis Senior), Bapak Ilham Akbar Habibie (Technopreneur), Mbak Ria Ricis (Youtuber Indonesia), dan yang spesial dari Jepang ada Bapak Mahmudi Fukumoto. Hadir pula Bapak Rudiantara Menteri Kominfo RI.

Latar belakang adanya Revolusi Super Smart Society 5.0, diantaranya yaitu perkembangan teknologi yang begitu pesat, termasuk adanya peran-peran manusia yang tergantikan oleh kehadiran robot cerdas, dianggap dapat mendegradasi peran manusia.

Masalah utama Jepang adalah populasi yang menua, di mana sekitar 26 persen penduduk Jepang berusia di atas 65 tahun. Kondisi itu membuat Jepang kekurangan tenaga kerja produktif dan menebarkan pesimisme di masyarakat Jepang.

Melalui Society 5.0, diharapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) akan mentransformasi big data pada segala sendi kehidupan serta the Internet of Things akan menjadi suatu kearifan baru, yang akan didedikasikan untuk meningkatkan kemampuan manusia membuka peluang-peluang bagi kemanusiaan. Transformasi ini akan membantu manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna.

Buat teman-teman yang berada di Surabaya, jangan lewatkan untuk mengikuti acara menarik tersebut. Expert Sharing bersama orang-orang hebat dari Indonesia.

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here