Superkomputer K Jepang Akan Pensiun

0
99
views
Japan designed supercomputer to develop remedies

Superkomputer K atau ‘Kei’ buatan Fijitsu Jepang yang pernah menjadi superkomputer tercepat di dunia pada tahun 2011 oleh Top500 , kabarnya akan pensiun pada tahun ini.

Dikutip dari NHK World (6/2/2019), Sejumlah peneliti Jepang mengatakan salah satu superkomputer tercepat di dunia, yaitu superkomputer K, akan pensiun pada Agustus dan digantikan dengan mesin generasi baru.

K dibuat mulai 2006 dan menjadi komplit pada 2012 sebagai sebuah proyek nasional. Superkomputer itu telah digunakan dalam berbagai bidang seperti pengembangan obat-obatan, penelitian gempa bumi, dan perkiraan cuaca.

Sejumlah ahli teknik tengah mengembangkan penerus K. Target mereka adalah untuk melengkapinya dengan kemampuan pemrosesan 100 kali kemampuan K dan mulai menggunakannya secara bersama sekitar 2021.

Institut penelitian RIKEN menyatakan pemerintah Jepang sebelumnya mempertimbangkan untuk memindahkan K dan tetap mengoperasikannya sembari mengembangkan model yang baru. Namun pemerintah menghentikan rencana itu karena biaya yang tinggi.

Penghentian operasi K memicu kekhawatiran terkait dampak buruk pada riset dalam berbagai bidang. Namun RIKEN menyatakan akan bekerja sama dengan sejumlah institut riset lain yang menggunakan superkomputer, untuk meminimalkan dampak-dampak seperti itu.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here