Aplikasi Mudah Untuk Mengecek Kehalalan Makanan di Jepang

0
76
views

Ketika membeli makanan di Jepang , kadang kita bingung untuk membedakan mana produk halal atau haram. Hal ini dikarenakan komposisi produk ditulis dengan tulisan dan bahasa Jepang, baik berupa katakana, hiragana maupun kanji. Jadi, kadang membuat ragu dengan produk yang dibeli karena tidak tahu bahan apa yang dipakai.

Sumber gambar : jalan2kejepang

Alhamdulillah, kini sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kehalalan produk. Cukup dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Halal Gourmet Japan dari Play Store atau App Store, teman-teman dapat menggunakannya saat wisata ke Jepang. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur “Find My Food”. Fitur ini bisa dioperasikan dengan sangat mudah.

Caranya, jika sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Halal Gourmet Japan. Silakan, klik menu “ Find My Food” yang terletak di pojok kanan atas layar. Arahkan kamera pada tulisan Jepang yang ingin kamu ketahui artinya.

Berdasarkan komposisinya, fitur ini akan mengklasifikasikan jenis makanan atau minuman dalam dua kategori yaitu “ Muslim Friendly” dan “Muslim Friendly Grey”. Pengklasifikasikan ini didasarkan pada jenis kandungan makanan di dalam produk.

Sumber gambar : jalan2kejepang

Suatu produk dikatakan “Muslim Friendly” jika tidak mengandung bahan berupa :

-daging babi dan olahannya

-ayam dan olahannya

-daging sapi dan olahannya

-gelatin

-bacon

-alkohol

-bahan beralkohol

-mirin

-sake

Sementara itu, produk yang mengandung bahan di bawah ini masuk dalam “Muslim Friendly Grey”.

-Emulsifier

-miso

-shoyu

-bumbu fermentasi

-cream segar

-amino acid

-vinegar

  • Jika produk yang akan kamu beli masuk dalam “Muslim-Freindly Grey” maka belum jelas apakah halal atau tidak. Beberapa bumbu di atas belum bisa dipastikan kandungan alkohol dan daging babi. Misalnya, untuk kecap asin Jepang (shoyu) pada umumnya mengandung alkohol. Makanya, beberapa bahan di atas masuk dalam kategori abu-abu. Untuk amannya, hindari untuk membeli produk yang masuk dalam kategori ini dan pilih produk yang masuk kategori “Muslim-Friendly”. Sumber berita : jalan2kejepang
Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here