Musim Dingin Cook Dengan Sup Miso, Mudah Sekali Membuatnya!

0
147
views

Sup miso merupakan hidangan dasar yang biasa dibuat setiap hari di rumah tangga Jepang. Berbagai bahan biasanya digunakan dalam membuat sup miso.

Untuk membuat sup miso, kita membutuhkan honbushi atau cakalang asap yang difermentasi (jika tidak ada bisa menggunakan katsuobushi), untuk dijadikan kaldu dashi dan membuat sup miso dengan kentang dan bawang bombai.

Caranya sangat mudah, pertama-tama siapkan bahan-bahan berikut :

Sumber gambar : NHK World
  • 12g cakalang kering yang diserut dari honbushi, jika tidak ada bisa menggunakan katsuobushi
  • 900ml air
  • 1 (atau 120g) kentang
  • 1/2 (atau 100g) bawang bombai
  • 2 daun bawang
  • 3 1/3 sendok makan (atau 60g) miso

Setelah itu, silakan mengikuti langkah berikut ini :

  1. Pertama, membuat cakalang serut atau katsuobushi dengan menyerut honbushi (blok cakalang asap yang difermentasi). Bungkus honbushi dengan handuk panas selama 10 menit. Siapkan penyerut khusus untuk katsuobushi dengan mata pisau menghadap Anda. Kemudian serut honbushi dengan mendorongnya menjauh dari Anda. Jika honbushi tidak tersedia, Anda bisa menggunakan cakalang serut atau katsuobushi.

    Sumber gambar : NHK World
  2. Berikutnya kita membuat kaldu dashi. Tuang 900 mililiter air ke dalam panci dan didihkan dengan api sedang. Masukkan katsuobushi dan kecilkan apinya. Setelah direbus selama 1 hingga 2 menit, saring kaldu ke mangkuk besar.
  3. Kupas bawang bombai dan potong memanjang dengan ketebalan 1cm. Kupas kentang dan potong menjadi empat bagian lalu dipotong dadu kecil dengan ketebalan 1cm. Potong dan buang bagian akar daun bawang dan iris-iris tipis.
  4. Masukkan kaldu dashi, potongan bawang bombai dan kentang ke dalam panci dan rebus dengan api sedang. Ketika kaldu sudah mendidih, kecilkan api dan tutup pancinya. Lanjutkan rebusan selama sekitar 12 menit. Setelah sekitar 10 menit, angkat tutup panci untuk memeriksa apakah sayurannya sudah empuk.

    Sumber gambar : NHK World
  5. Ketika sayuran sudah empuk, kecilkan apinya dan kita akan memasukkan miso. Pertama campur pasta miso dan sedikit bagian kaldu dashi di dalam mangkuk kecil, kemudian aduk hingga larut secara merata. Masukkan campuran miso ke dalam panci.

    Sumber gambar : NHK World
  6. Besarkan apinya dan ketika sup sudah mendidih, langsung matikan api kompornya. Masukkan sup ke dalam mangkuk saji dengan menempatkan sayuran terlebih dahulu lalu kuah supnya, dan terakhir taburi dengan irisan daun bawang di atasnya.

Resep tersebut dapat digunakan untuk 4 porsi.

Selamat mencobanya di rumah!

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here