Tips Mencegah Terserang Virus Influenza

    0
    214
    views

    Salah satu pencegahan terhadap virus influenza yaitu dengan memberikan vaksin influenza. Vaksin terhadap influenza terutama ditujukan untuk mencegah penyakit influenza dan komplikasi yang berat akibat penyakit ini.

    Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) merekomendasikan sebagai berikut:

    Pertama, target Vaksinasi rutin setiap tahun yakni:

    • Grup usia lebih dari 65 tahun, karena merupakan grup usia yang rentan terhadap komplikasi dari influenza, begitu juga mereka yang menderita penyakit kronis tertentu.
    • Grup usia 50 hingga 64 tahun, karena kelompok ini mempunyai prevalansi yang meningkat terhadap penyakit kronis tertentu.
    • Mereka yang tinggal bersama atau merawat mereka yang berisiko tinggi, seperti pekerja di bidang kesehatan, mereka yang karena pekerjaannya mengharuskan sering kontak dengan orang-orang berisiko tinggi sehingga dapat menularkan influenza kepada mereka yang berisiko tinggi tersebut.

    Kedua, Vaksinasi Influenza juga dapat:

    • Menurunkan angka kejadian penyakit saluran pernafasan yang ada kaitannya dengan influenza.
    • Menurunkan angka kunjungan ke dokter pada semua golongan umur.
    • Menurunkan angka perawatan di rumah sakit bahkan kematian bagi mereka yang beresiko tinggi.
    • Mencegah otitis media pada anak-anak.
    • Ketidakhadiran di pekerjaan pada orang dewasa.

    Vaksinasi rutin tahunan terhadap pekerja kesehatan direkomendasikan mengingat selain berhubungan dengan penuruan angkat ketidakhadiran di pekerjaan juga dapat menurunkan angka kematian di antara pasien-pasien yang dirawat di rumah-rumah perawatan.

    Vaksin yang diberikan merupakan vaksin influenza dari virus yang sudah inaktif dan diberikan secara suntikan intramuskuler di daerah deltoid pada orang dewasa atau anak-anak pada daerah paha anterolateral. Vaksin ini tidak boleh diberikan kepada mereka yang telah diketahui mempunyai hipersensitivitas anafilaktik terhadap telur.

    Waktu yang optimal untuk pemberian vaksinasi, yakni bulan Oktober dan November, akan tetapi dapat diberikan pada waktu yang lain juga. Sumber : Medistra

    Tokyo Medical Tour

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here