Presiden RI Terima Kunjungan Kenegaraan Presiden Federasi Mikronesia ke Indonesia

0
72
views

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan dari Presiden Federasi Mikronesia, Y.M. Peter M. Christian di Istana Bogor (18/7). Dilansir dari KBRI Tokyo (19/7/2018), Indonesia dan Mikronesia telah menjalin hubungan bilateral sejak tahun 1991, dan kunjungan kali ini merupakan kunjungan kedua Presiden Mikronesia ke Indonesia, sejak tahun 1995.

Meski Ibukota Jakarta dan Palikir secara geografis berjarak sekitar 5.800 km, Indonesia dan Mikronesia memiliki persamaan sebagai negara kepulauan yang berada di Kawasan Samudera Pasifik.  Selain kesamaan latar belakang dan budaya, sekitar 11 juta masyarakat Indonesia adalah etnis Melanesia. Bahkan masyarakat di Sulawesi Utara merupakan keturunan bangsa Polynesia.

Presiden Joko Widodo berharap kemitraan Indonesia dan Mikronesia dapat mendorong peran aktif kedua negara dalam memperkuat keamanan regional, mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

“Dalam konteks bilateral, saya senang dengan kemajuan dalam hubungan kerja sama antara Indonesia dan Federasi Mikronesia” ujar Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungan ini, kedua Presiden sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang maritim, ekonomi, sosial budaya, people-to-people contact dan konektivitas.  Kedua Kepala Negara juga sepakat membentuk forum konsultasi reguler guna membahas kerja sama konkret kedua negara.

Sebagai sesama negara kepulauan, kedua negara sepakat untuk tingkatkan kerja sama bidang maritim dan peningkatan konektivitas. Indonesia menawarkan pesawat N-219 yang saat ini tengah dikembangkan oleh PT. DI untuk meningkatkan konektivitas antar pulau.

Presiden Joko Widodo selanjutnya mengundang masyarakat Mikronesia untuk berpartisipasi pada Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia, dan pelatihan di bidang perikanan, pertanian, pariwisata serta pemberdayaan UKM. Di bidang ekonomi, Presiden RI juga mengundang pengusaha Mikronesia menghadiri Trade Expo Indonesia bulan Oktober 2018.

Selain isu bilateral, kedua Kepala Negara sepakat menjadikan Pacific Islands Forum sebagai wadah bagi pemajuan kerja sama negara Pasifik untuk kesejahteraan rakyat dan bangsa Pasifik.

Usai pertemuan, kedua Presiden telah menyaksikan penandatanganan Perjanjian Bebas Visa Paspor Dinas dan Diplomatik antara Indonesia dengan Mikronesia.  Diharapkan kesepakatan tersebut dapat semakin mempererat kerja sama dan saling kunjung antara para pejabat kedua negara.

Presiden Christian dijadwalkan untuk mengunjungi PT. DI di Bandung, serta Ambon. Presiden Peter M. Christian memiliki darah Ambon, sebagai generasi ketiga diaspora Maluku. Saat di Ambon, Presiden Mikronesia akan memberikan public lecture di Universitas Pattimura, mengunjungi Pelabuhan Perikanan Nusantara dan Pusat Ekonomi Tantui.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here