Persiapan Peringatan Jatuhnya Bom Atom Nagasaki

0
96
views

PBB mengumumkan pada Selasa (31/07/2018) bahwa Antonio Guterres akan mengunjungi Jepang mulai 7-9 Agustus. Dia dijadwalkan untuk bertemu dengan Walikota Nagasaki Tomihisa Taue dan sejumlah hibakusha atau penyintas bom atom.

Dilansir dari NHK World (31/07/2018), Sekjen PBB tersebut akan menghadiri sebuah upacara peringatan ke-73 pengebomatoman oleh Amerika Serikat di Nagasaki pada pekan depan. Dia akan menjadi sekjen PBB pertama yang menghadiri upacara tahunan pada 9 Agustus tersebut.

Pada 9 Agustus, dia akan mengunjungi Museum Bom Atom Nagasaki dan menyampaikan pidato dalam upacara peringatan.

PBB telah menyerukan pelucutan senjata nuklir. Namun pembicaraan antara Amerika Serikat dan Rusia terhenti. Dua negara tersebut menyimpan 90 persen senjata nuklir dunia.

Selain PBB, Hiroshima juga bersiap menyambut orang-orang dari Jepang dan seluruh dunia pada tanggal 6 Agustus, hari di mana Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima pada tahun 1945.

Sekitar 2.800 orang dari 54 perusahaan dan organisasi berkumpul di Taman Peringatan Perdamaian pada Rabu (01/08/2018) pagi untuk ambil bagian dalam pekerjaan pembersihan tahunan yang diadakan menjelang upacara perdamaian 6 Agustus di taman tersebut.

Para sukarelawan mengheningkan cipta bagi para korban pengebomatoman dan mereka yang meninggal akibat bencana banjir bulan lalu yang belum pernah terjadi sebelumnya yang melanda Jepang barat, termasuk Hiroshima. Kemudian mereka berpencar dalam kelompok untuk memungut sampah dan mencabuti rumput liar di area yang dialokasikan di taman tersebut.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here