Jepang Akan Mengurangi Stok Plutonium

0
132
views

Komisi energi nuklir pemerintah Jepang memutuskan untuk mengurangi simpanan plutonium negara. Jepang tengah mendorong program daur ulang plutonium yang diekstraksi dari bahan bakar nuklir terpakai.

Jepang secara prinsip tidak menyimpan plutonium tanpa tujuan yang jelas, karena bahan itu bisa dipakai untuk senjata nuklir. Tapi stok plutonium tidak terpakai terus bertambah.

Dilansir dari NHK World (31/07/2018), saat ini Jepang memiliki 47 ton stok plutonium di dalam dan luar negeri. Jika fasilitas pengolahan bahan bakar di Desa Rokkasho, Provinsi Aomori di Jepang utara, dibuka pada tahun 2021 sesuai rencana, maka fasilitas itu akan menghasilkan hingga 7 ton plutonium setiap tahun. Hal ini meningkatkan kekhawatiran masyarakat internasional.

Hari Selasa (31/07/2018), Komisi Energi Atom merevisi panduan penggunaan plutonium untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir, dengan menekankan bahwa simpanan plutonium akan dikurangi. Saat ini, Jepang menggunakan plutonium untuk bahan bakar campuran oksida di PLTN.

Di bawah panduan yang sudah direvisi, fasilitas pengolahan hanya dapat memproduksi jumlah plutonium yang diperlukan, dan jumlah yang dihasilkan harus terpakai habis. Perusahaan-perusahaan tenaga listrik akan diminta untuk bekerja sama dalam menggunakan dan mengurangi plutonium.

Plutonium yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan, seperti di reaktor pembiak cepat Monju, dapat dibuang jika tidak ada rencana untuk menggunakannya.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here