Etika Menggunakan Toilet di Jepang

    1
    260
    views

    Saking modern-nya toilet di Jepang, banyak turis asing yang bingung cara menggunakannya, dikutip dari jalan2kejepang.com. Sebenarnya penggunaannya bisa saja, dapat dilakukan dengan menggunakan insting. Tetapi takutnya, apa yang kita lakukan bertolak belakang dengan kebiasaan orang Jepang. Apalagi, kalau dihadapkan pada satu toilet dengan seperangkat tombol yang tidak pernah dijumpai di Indonesia.

    1. Menyalakan tombol sound
    Sumber gambar : google.com

    Saat menggunakan toilet di tempat umum, terkadang ada rasa malu kalau aktivitas kita akan terdengar oleh pengguna di bilik lainnya. Makanya, diciptakan sebuah tombol sound pada toilet Jepang. Gunanya untuk meredam suara yang ada di dalam bilikmu, tinggal menekan tombol “sound”.

    2. Membuang tisu pada tempatnya
    Sumber gambar : google.com

    Biasanya, setelah menggunakan tisu kita akan membuangnya di tempat sampah. Jauh berbeda dengan di Indonesia, di Jepang tisu tersebut harus dibuang ke dalam toilet, lalu tekan tombol ‘flush‘ untuk mengguyurnya.

    Tisu toilet ini memang terbuat dari bahan khusus sehingga bisa terurai dengan air dalam waktu 100 detik. Jadi, jangan buang tisu ke tempat sampah ya. Namun, hati-hati jika memakai tisu yang dibawa dari Indonesia. Belum tentu, tisu ini akan terurai bersama air.

    3. Memakai slipper
    Sumber gambar : google.com

    Slipper ini merupakan alas kaki khusus toilet sehingga tidak boleh dipakai di ruangan lainnya. Masyarakat Jepang punya kebiasaan menggunakan slipper di dalam toilet. Ketika memasuki toilet wajib menggunakannya. Tetapi, jangan lupa untuk melepasnya ketika akan keluar dari toilet. Semua ini demi alasan kebersihan.

    Orang jepang menilai bahwa slipper ini adalah benda paling kotor. Jadi, jangan sampai mereka menangkap basah kamu jalan-jalan di ruangan dengan slipper ini.

    Begitulah etika menggunakan toilet di Jepang. Samoga bermanfaat untuk teman-teman yang berlibur ke Jepang.

    Tokyo Medical Tour

    1 KOMENTAR

    1. autoliker, Fb Autoliker, facebook auto liker, Status Auto Liker, Photo Liker, Facebook Auto Liker, autolike, Autoliker Facebook, Auto Liker, Status Liker, Autoliker, Facebook Liker, Facebook Autoliker, Working Auto Liker, auto like, auto liker, Photo Auto Liker, Autoliker, Auto Like, Increase Facebook Likes

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here