Kenapa Orang-Orang Berminat Belajar di Jepang? Ternyata Inilah Manfaatnya!

0
236
views

Kita kerap kali melihat orang-orang dengan ambisinya ingin sekolah/belajar/kuliah di Jepang. Hampir setiap ada pembukaan beasiswa sekolah ke Jepang pasti selalu diburu. Lalu apa sih sebenarnya manfaat belajar di Jepang?

Dilansir dari laman Japan International Network Indonesia, ternyata manfaat yang akan  didapatkan dari belajar/sekolah/kuliah dapat dijelaskan seperti tabel berikut.

No Manfaat Studi di Jepang | Belajar di Jepang
1 Akumulasi ilmu-pengetahuan (hard-skill) bidang keilmuan tertentu
2 Pengembangan diri (soft-skill)
3 Jejaring (network)
4 Peluang kerja dan bisnis
5 Efisiensi biaya

 

Akumulasi Ilmu-Pengetahuan

Yang dimaksud dengan ilmu-pengetahuan di sini adalah pengetahuan bidang keilmuan tertentu, misalnya ilmu-pengetahuan tentang teknik mesin, teknik elektro, teknik industri, desain, arsitektur, perancangan kota, manajemen, pemasaran, bahasa Jepang dll. Belajar dan mengakumulasikan ilmu-pengetahuan akan lebih hemat energi dan memberikan hasil, jika belajar kepada dan di tempat yang ilmu-pengetahuannya maju seperti Jepang.

Kemajuan industri dan budaya Jepang, merupakan penanda (clue) kemajuan ilmu-pengetahuan di Jepang. Misalnya, kemajuan industri otomotif dan elektonika Jepang merupakan penanda kecanggihan teknologi dan kemajuan ilmu-pengetahuan teknik mesin, teknik material, teknik industri, manajemen dll.

Kemajuan industri animasi merupakan penanda kemajuan ilmu-pengetahuan desain, manajemen, pemasaran dll. Selain ilmu-pengetahuan maju, kelengkapan fasilitas, kualitas sistem pendidikan, dan keahlian guru/dosen menjamin akumulasi pengetahuan akan lebih efisien (hemat) dan efektif (memberikan hasil), jika sekolah/kuliah/belajar di Jepang.

Pengembangan Diri

Selain untuk memahami ilmu-pengetahuan (hard-skill), sekolah/kuliah/belajar di mana-pun akan meningkatkan kemampuan bersikap (soft-skill) seperti kedisplinan, tanggung-jawab, semangat kerja-keras, kejujuran, menghargai orang-lain, kesadaran terhadap kebersihan, kesopanan, dll. Kemampuan soft-skill, akan diserap paling efektif melalui teladan dari lingkungan sekitar. Kedisiplinan, tanggung-jawab, kerja-keras, kejujuran dan bahkan keramahan orang Jepang, sering kita dengar dari media ataupun kita dengar dari teman-teman yang baru pulang dari Jepang.

Seorang teman yang sering keliling dunia – mengunjungi banyak negara mengatakan, “Dari semua negara yang pernah saya kunjungi, saya paling suka Jepang dan Selandia Baru. Dua negara tersebut yang saya ingin kunjungi lagi dan lagi”. Kesan tersebut muncul bukan hanya dari keteraturan dan keindahan lingkungan, tetapi juga dari kesopanan dan keramahan, atau sikap lain-lain dari penduduk setempat terhadap wisatawan.

Jejaring

Selain untuk mendapatkan ilmu-pengetahuan (hard-skill) dan mengembangkan diri (soft-skill), belajar di mana-pun disadari atau-pun tidak juga akan menambah jejaring (network) yang didapatkan melului interaksi dengan komunitas tempat belajar. Jika belajar di Jepang, pelajar akan membentuk jejaring dengan teman-teman sekolah/kuliah dari Jepang, Taiwan, Hongkong, Korea, China, Eropa, Amerika dll. Semakin ‘disadari’ dan direncanakan, jejaring yang terbentuk akan semakin luas. Jejaring yang luas akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan peluang kerja dan bisnis.

Peluang Kerja dan Bisnis

Di situ berada, di situ pula berbagai peluang akan ditangkap. Jika belajar di Jepang, pengetahuan tentang Jepang dan jejaring di Jepang akan bertambah. Peluang kerja dan peluang bisnis di Jepang atau yang berhubungan dengan Jepang akan meningkat. Peluang kerja dan membuka bisnis yang terkait dengan Jepang di Indonesia-pun akan meningkat.

Efisiensi Biaya

Dibandingkan dengan kuliah Amerika, Eropa, Australia ataupun Singapura, biaya kuliah (tuition) di Jepang lebih murah. Biaya hidup di Jepang juga semakin terjangkau bagi pelajar dari Indonesia. Selain itu, pelajar di Jepang juga memiliki kesempatan untuk kerja paruh waktu.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here