Rencana Pembangunan Pelabuhan Patimban Mei 2018

0
305
views

Inilah bentuk kerjasama antara Jepang-Indonesia pada sektor infrastruktur. Dilansir dari Beritasatu.com (16/4/2018), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Provinsi Jawa Barat akan dimulai pada Mei 2018 mendatang.

Saat ini, proyek kerja sama Indonesia dan Jepang itu sedang dalam proses tender. “Proyek Patimban sekarang sedang ditender. Kita harapkan dalam satu atau dua minggu ini selesai, kalau misalnya nanti bulan Mei, paling lambat Juli kita sudah mulai dibangun,” kata Menhub di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/4).

Menhub menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan tentang perkembangan pembangunan proyek Patimban. Ia mengatakan, Pelabuhan Patimban ditargetkan selesai dalam dua tahapan. Pertama pada tahun 2019 dan setahun kemudian rampung seluruhnya.

“Sudah ada perusahaan yang ikut tender. Yang masuk final, kalau tidak salah ada dua perusahaan dari luar negeri. Yang dari dalam negeri ada tiga perusahaan, ada Wika, PP, dan Adhi Karya,” lanjutnya.

Disebutkan, meski ada tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengikuti tender, proses pengerjaan pembangunan tetap dilakukan sendiri-sendiri.

Selain itu, ketiga perusahaan itu juga akan menjalin kemitraan dengan perusahaan asal Jepang dalam pembangunan Pelabuhan Patimban.

“Tidak sendiri-sendiri. Mereka join dengan Jepang. Ada unsur Jepang. Di antaranya Penthahousion, dan masih ada lagi,” kata Menhub.

Pelabuhan Patimban nantinya memiliki kapasitas 7,5 juta TEUs (twenty-foot equivalent unit) dan ditargetkan mulai beroperasi pada Maret 2019.

Proyek kerja sama Indonesia-Jepang mendapat pinjaman dana dari JICA. JICA mengucurkan dana sebesar 118,9 miliar yen atau sekitar Rp 14,3 triliun.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here