Menteri PPN RI dan Menteri PUPR RI Hadiri Simposium Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang

0
113
views

Simposium bertemakan “Masa Depan Hubungan Jepang – Indonesia, Menuju Penguatan Kemitraan Strategis” digelar di Hotel New Otani, Tokyo, 20 April 2018.

Dilansir dari KBRI Tokyo (20/4/2018), dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang, maka Panitia Kegiatan Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang dari Jepang, Nikkei Inc., Japan Indonesia Association, Inc. (JAPINDA), KBRI Tokyo, Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang (PPIJ), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ) dengan didukung oleh Kementerian Luar Negeri Jepang telah menyelenggarakan sebuah Simposium bertempat di Hotel New Otani, Tokyo, 20 April 2018.

Simposium yang mengambil tema utama “Masa Depan Hubungan Jepang – Indonesia, Menuju Penguatan Kemitraan Strategis” ini dibuka oleh mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda yang juga merupakan Ketua JAPINDA.

Para pembicara dalam Simposium ini di antaranya adalah Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono, Menteri Perencanaan Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Indonesia Basuki Hadimuljono, dan Duta Besar Indonesia Arifin Tasrif.

Di awal diskusi panel Investasi dan Inovasi, Duta Besar Arifin Tasrif menyebutkan bahwa selain proyek Pelabuhan Patimban yang dijadwalkan selesai pada Mei 2018, saat ini terdapat 166 proyek transportasi yang sedang berjalan, termasuk proyek Mass Rapid Transit Jakarta yang akan selesai pada akhir tahun 2019. Dubes Arifin juga menambahkan bahwa Inisiatif Indo-Pasifik yang digagas Jepang dapat berjalan selaras dengan konsep Poros Maritim Indonesia karena baik Indonesia dan Jepang merupakan negara kepulauan.

Pembicara lain asal Indonesia dalam Simposium ini adalah mantan Menteri Perdagangan RI Marie Pangestu dan Dewan Pengurus CSIS Jusuf Wanandi.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here