14 Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional 2017 Pelajari Sistem Pendidikan Jepang

0
104
views

Sistem pendidikan di Jepang memang layak untuk dicontoh atau diterapkan pada sistem pendidikan di Indonesia.

Dilansir dari siaran pers KJRI Osaka (11/4/2018), Acting Konsul Jenderal RI Osaka menerima 14 Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional pada 9 April 2018 yang tengah menjalani short course di Jepang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud).

Sumber gambar : KJRI Osaka

Dalam pertemuan, Acting Konjen memaparkan sekilas tentang sistem pendidikan dasar di Jepang yang menitikberatkan pada pembentukan karakter yang mandiri, saling menghormati dan mengasihi, berempati tinggi serta ringan tangan dan dermawan. Upaya tersebut didukung oleh berbagai kebijakan dan peraturan yang diterapkan sekolah untuk melatih murid-muridnya agar menjadi manusia yang sehat, berbudaya kuat serta siap berbagi tanggung jawab di dalam masyarakat dan negara.

Sumber gambar : KJRI Osaka

Program short course oleh Kemdikbud tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi guru-guru SMP melalui pembelajaran terhadap sistem pendidikan di Jepang. Selain KJRI Osaka, 14 Guru berprestasi juga akan mengunjungi beberapa SMP dan lembaga terkait setempat untuk mempelajari sistem pendidikan Jepang secara lebih mendalam terutama seputar pengembangan profesional Guru, metode pengajaran, strategi penilaian, pengembangan kurikulum, kode etik guru serta asosiasi dan kelompok kerja guru.

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here