14 Kesalahan Paling Umum yang Dilakukan Saat Makan Masakan Jepang

0
386
views
14 Kesalahan Paling Umum yang Dilakukan Saat Makan Masakan Jepang

Apa kamu suka makan masakan Jepang? Jika iya, mungkin kamu juga harus mahir menggunakan sumpit.

Dilansir dari independent.co.uk, berikut 14 kesalahan yang paling banyak dilakukan ketika kamu makan masakan Jepang. Penasaran? Ayo simak artikel berikut, pasti salah satunya pernah kamu lakukan.

 

1. Menenggalamkan sushi ke dalam kecap

Seringkali orang – orang awam ingin mengalahkan rasa ikan mentah yang segar dengan cara merendam sushi ke dalam kecap, apakah kamu salah satunya? Eiits..hindari cara ini, semua itu karena agar nasi tidak jatuh ke dalam saus, cukup celupkan potongan ikannya saja.

 

2. Menumpuk jahe di atas sushi

Acar jahe secara tradisional digunakan sebagai pembersih langit – langit mulut. Acar jahe juga seharusnya dimakan di antara potongan ikan yang berbeda dan bukannya untuk dijadikan hiasan di atas sepotong sushi.

Ketika kamu selesai memakan sushi tuna, bersihkan mulut dengan acar jahe, sebelum melahap sushi salmon. Jahe tidak dimaksudkan untuk dimakan bersamaan dengan sushi, menurut masyarakat tradisional Jepang.

 

3. Makan ramen dengan sopan

Ternyata, kamu tidak perlu repot – repot bersikap sopan saat menyantap sup atau ramen. Pada saat makan ramen, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghirup atau menyeruput mienya.

Ini menunjukkan rasa hormat kamu kepada kokinya dan membantu mendinginkan mie sehingga tidak membakar bagian dalam mulut. Pernah coba cara ini ketika Anda makan ramen atau mie lainnya?

 

4. Menyeduh teh hijau dalam air mendidih

Jangan pernah menuangkan air mendidih pada teh hijau Jepang, karena cara ini akan membakar daun, yang mana dapat menghilangkan rasa dari teh tersebut serta menciptakan rasa pahit.

Kesalahan saat makan masakan Jepang

Kesalahan saat makan masakan Jepang

 

5. Minum sake dengan nasi

Kaum yang sangat tradisional percaya, jika kamu tidak boleh menikmati sake dengan nasi. Hal itu dikarenakan sake juga dibuat dari beras, yang mana akan menimbulkan rasa bosan dan membuat nasi menjadi sia – sia tidak termakan.

 

6. Menggunakan terlalu banyak kecap

Saat memakan apapun masakan Jepang, sebaiknya saat memberi kecap dituangkan sebanyak yang Anda butuhkan saja.

 

7. Mencampur wasabi dengan kecap

Untuk kesalahan selanjutnya mencampurkan wasabi ke dalam kecap, hal ini hanya akan mengurangi kenikmatan ikan di dalam sushimu saja. Kecap memiliki banyak zat sodium, sedangkan wasabi mengandung terlalu banyak bumbu yang akan menghambat rasa sushi yang halus dalam mulut.

 

8. Salah menggunakan sumpit

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan adalah menggunakan sumpit secara vertikal ke dalam sebuah mangkuk nasi ketika makan. Saat menggunakan sumpit secara vertikal mengingatkan orang Jepang akan ritual pemakaman.

 

9. Makan sushi dingin

Sebaiknya saat memakan sushi seharusnya dihidangkan selagi hangat dan lembut, tidak dingin dan keras. Cara ini digunakan agar Anda bisa menikmati rasa ikan di dalamnya.

 

10. Membongkar hiasan

Pada saat memakan sushi, sebaiknya jangan membongkar hiasan di dalam sushi. Hiasan ini maksudnya adalah membantu kamu dalam pencernaan sushi.

Kesalahan saat makan masakan Jepang

Kesalahan saat makan masakan Jepang

 

11. Makan sup miso dengan sendok

Sup miso cenderung memiliki mie yang lebih tipis dan disajikan dalam sebuah mangkuk yang lebih kecil, sehingga kamu bisa meneguknya langsung dari mangkuk tersebut.

 

12. Membekukan kaldu

Jangan pernah membekukan kaldu karena hanya akan menghilangkan aroma khas yang seharusnya.

 

13. Menuangkan sake untuk diri sendiri

Di Jepang, sake dituangkan untuk melayani orang lain. Jangan pernah menuangkan sake untuk diri sendiri, karena hal tersebut bisa membuat orang lain tersinggung.

 

14. Memanaskan sake

Sebuah sake berkualitas tinggi harus selalu disajikan sedikit dingin. Jangan pernah menghangatkan sebuah sake, karena bisa menghilangkan rasa khas dari sake tersebut. Pernah melakukan salah satu kesalahan saat makan masakan Jepang, seperti yang sudah disebutkan diatas?

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here