Yang ini Soba atau Udon ya?

0
345
views

Konnichiwa, minna-san. Selain China, Jepang merupakan salah satu negara yang cukup terkenal dengan masakan mie nya. Ada beberapa menu makanan yang terbuat dari Mie. Salah satu yang pastinya sering minna-san dengar yaitu Ramen. Selain ramen ada lah menu makanan yang berbahan utama mie, minna-san. Menu itu adalah soba dan udon.

Soba dan udon memilik penampakan yang hampir mirip, minna-san. Keduanya juga disajikan dengan campuran dashi dan kedelai. Apalagi jika sudah dicampurkan dengan toppingnya keduanya akan terlihat mirip. Bagi sebagian besar masyarakat jepang, membedakan soba dan udon bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa perbedaan di antara keduanya yang sangat mencolok.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan udon adalah tepung terigu, sedangkan soba terbuat dari tepung soba dan sedikit tambahan tepung terigu.
Secara ukuran, udon dibuat lebih besar daripada soba. Ukuran soba sendiri tipis dan pipih. Kadang juga terlihat seperti sphagetti dengan warna baru. Jadi, jika minna-san diberikan dua mangkuk mie dan diminta memilih mana yang udon atau soba, maka minna dapat membedakannya dengan melihat ukurannya.
Alternatif lain yaitu dengan melihat warnanya. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan keduanya memberikan perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya. Udon berwarna lebih putih karena hanya terbuat dari tepung terigu. Lain halnya dengan soba yang berwarna lebih coklat karena pengaruh tepung soba yang digunakan.
Dilihat dari teksturnya, soba terlihat lebih kenyal daripada udon. Hal ini dipengaruhi oleh tepung soba itu sendiri.
Jika kamu melihat mie yang berkuah, maka kemungkinan besar itu adalah udon. Udon dapat disajikan berkuah, kering, maupun beku meskipun lebih lezat jika disajikan dengan kuah yang terbuat dari dashi. Beda halnya dengan soba. Soba umumnya akan terasa lebih lezat jika disajikan kering dengan tambahan tsuyu. Jadi, jika minna menginginkan makanan berkuah, jangan pernah memesan soba ya minna-san, tetapi pilihlah udon.
Minna-san, sekarang sudah bisa kan membedakan mana Soba dan mana udon. Jika minna masih bingung, coba tanyakan di bagian comment ya minna-san. Arigatou.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here