Jepang Akhirnya Jatuhkan Sanksi Terhadap Korea Utara

0
248
views
Jepang Akhirnya Jatuhkan Sanksi Terhadap Korea Utara

Pemerintah Jepang menjatuhkan sanksi baru ke Korea Utara (Korut) dengan membekukan aset – aset dari 19 perusahaan asal Negeri Ginseng Merah tersebut. Hukuman ini diberikan untuk menekan Korea Utara agar mengembalikan warga Jepang yang mereka culik paksa pada tahun 1970 dan 1980.

Negara pimpinan Kim Jong Un itu sempat menyulut amarah Pemerintah Jepang saat menculik warga negaranya dan memaksa agar mereka mau melakukan pengembangan nuklir dan senjata pemusnah masal. Hingga saat ini, masih ada warga Jepang yang menjadi sandera di Korea Utara.

korea utara

Dilansir dari Associated Press, pada Rabu (20/12/2017) perusahaan Korut yang asetnya dibekukan bergerak dalam bidang keuangan, energi dan kargo. Perwakilan Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan, jika langkah ini sengaja dilakukan untuk mendukung kesepakatan yang dibuat oleh Dewan Keamanan PBB.

Ketua Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan, jika Jepang akan terus menekan Korea Utara sampai mendapat kejelasan tentang nasib para warga negaranya yang diculik. Korea Utara telah menculik setidaknya ada 17 orang pada 1970 dan 1980. Delapan di antaranya telah dikabarkan meninggal dunia oleh Pemerintah Korea Utara tanpa memberikan bukti yang jelas.

Sebelumnya, Jepang sudah menjatuhkan sanksi kepada Korea Utara termasuk dengan diambilnya keputusan pembatasan jual beli. Total Jepang telah membekukan aset dari 103 perusahaan dan 108 individu antek dari Korea Utara.

presiden Japan dan donald trump bertemu keluarga korban penculikan korea utara

Sementara itu Korea Selatan dan AS juga telah menjatuhkan sanksi unilateral terhadap Korea Utara. Sidang Dewan Keamanan PBB pekan depan akan diagendakan membahas jalan damai untuk menekan Korea Utara agar bisa menghentikan uji misil balistik dan program nuklirnya serta denuklirisasi di Semenanjung Korea.

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here