Okonomiyaki dan Resep Rahasianya

0
336
views

Kalau kamu penggemar manga atau anime Conan, kamu pasti kenal sama Haiji Hattori (服部 平次) kan? Hattori-san memang bukan pemeran utama dalam manga ini, tetapi ia cukup memiliki banyak penggemar, loh. Eits, tapi bukan itu bahasan kita kali ini, minna-san. Coba kamu ingat kembali, Hattori-san berasal dari daerah mana sih? Yap, jawabannya adalah Osaka. Disini, kita akan membahas mengenai salah satu makanan khas Osaka yang wajib kamu cicipi yaitu Okonomiyaki.

Berbeda dengan Sushi, di Indonesia sendiri masih sulit untuk menemukan okonomiyaki. Hal ini tentu sangat berbeda dengan di daerah asalnya yaitu Osaka, Jepang. Di sana, okonomiyaki sangat mudah ditemui. Makanan ini justru termasuk makanan yang banyak dijual di pinggir jalan. Oleh karena itu, tidak sulit untuk mencicipi makanan ini jika suatu saat nanti kamu mengunjungi Osaka.

Okonomiyaki sendiri merupakan salah satu pancake sayur khas Jepang. Sayur yang digunakan sendiri lebih tepatnya adalah kubis. Bahan-bahan yang biasanya digunakan  dalam pembuatan okonomiyaki ini yaitu tepung, telur, kubis, daging dan bawang. Di atasnya, kita dapat menambahkan berbagai topping seperti saus, saus okonomi, aonori (remah rumput laut) dan topping lain yang kamu suka. Adanya tepung, kubis, daging dan telur pastinya dapat memenuhi kebutuhan kita bukan? Gurihnya kubis yang ada pada okonomiyaki ditambah dengan berbagai topping di atasnya tentu akan menambah kelezatan okonomiyaki saat melumer di dalam mulut saat dikunyah.

Eits, tunggu dulu minna. Kelezatan okonomiyaki ini tidak hanya karena itu saja. Ada resep rahasia khas jepang yang diperlukan. Tepung yang digunakan dalam pembuatan okonomiyaki ini tidak diolah sebagaimana biasanya kita membuat pancake. Tepung tersebut diolah dengan terlebih dahulu mengencerkan tepung tersebut menggunakan suatu kaldu yang disebut Dashi. Dashi sendiri tergolong sebagai salah satu resep rahasia yang digunakan pada berbagai makanan Jepang. Jika minna ingin menggunakan dashi ini, minna tidak perlu repot-repot membuat sendiri dashi tersebut. Di Jepang sendiri, dashi bubuk sudah tersedia di berbagai pasar lokal. Nah, untuk minna di Indonesia yang ingin mencoba membuat okonomiyaki, cobalah kunjungi toko makanan asia di sekitar kamu untuk menemukan dashi powdernya ya, sehingga okonomiyaki yang minna buat dapat lebih terasa seperti okonomiyaki yang ada di Jepang.

Nah, itulah makanan khas osaka yang mungkin akan jadi cemilan favorit kalian, minna. Semoga artikel ini dapat membantu minna saat memilih jajanan di Jepang nanti.

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here