Mengenakan Pakaian Tradisional Jepang, Kimono dan Yukata

0
984
views

Sebagaimana yang kita ketahui, Jepang memiliki pakaian tradisional yang sangat unik yaitu kimono. Namun, tidak banyak yang mengetahui mengenai yukata. Kedua pakaian ini merupakan pakaian tradisional yang sering digunakan masyarakat Jepang. Perbedaannya, kimono dipakai pada kegiatan-kegiatan formal sedangkan yukata dipakai untuk kegiatan santai.

Sebelum mengetahui langkah-langkah menggunakan kimono dan yukata, ada baiknya kita mengetahui perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan-perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. yukata atau kimono sebagai pakaian utama yang akan dipakai.
  2. Juban, pakaian tipis berwarna putih yang akan dipakai sebelum pakaian utama yaitu kimono atau yukata.
  3. Sabuk koshihimo yaitu sabuk yang akan digunakan untuk mengikat kimono.
  4. Sabuk Obi Makura yaitu sabuk yang digunakan untuk menutupi sabuk koshihimo
  5. Tabi, kaos kaki berwarna putih. Biasanya orang-orang jepang tidak menggunakan tabi saat menggunakan yukata.

Setelah menyiapkan perlengkapan tersebut, kita dapat menggunakan kimono atau yukata dengan cara berikut.

  1. Jika kamu hendak menggunakan tabi, maka gunakanlah tabi terlebih dahulu sebelum melakukan yang lain. Hal ini disarankan karena akan sangat sulit jika tabi dikenakan setelah kita selesai mengenakan kimono. Saat menggunakan kimono, pergerakanmu menjadi sangat terbatas sehingga kamu akan sulit bergerak untuk menyarungkan tabi ke kaki. Oleh karena itu sebaiknya tabi digunakan di awal.
  2. Setelah mengenakan tabi, kamu harus terlebih dahulu menggunakan juban. Juban berbentuk seperti dress berbahan katun dan berwarna putih. Penggunaan juban dapat digantikan dengan menggunakan kaos putih dan rok putih sekaligus. Hal ini dikarenan fungsi juban sebagai pakaian pelapis. Seiring perkembangan zaman, penggunaan juban pun mulai berkurang dan digantikan dengan sebuah kain yang hanya menutupi bagian leher saja, yang disebut cri-sugata.
  3. Kemudian, barulah kita dapat menggunakan kimono atau yukata yang telah disiapkan. Pastikan bahwa kamu meletakkan sisi kimono sebelah kanan di bagaian dalam, dan sisi sebelah kiri di bagian luar. Hal ini cukup menjadi perbincangan di depan bahwa wanita yang menggunakan kimono dengan sisi sebelah kanan di luar merupakan seorang geisha atau wanita penghibur. Selanjurnya sesuaikan panjang kimono pada bagian bawahmu sesuai dengan tinggi badanmu dan tidak akan menyulitkan kamu saat berjalan. Lalu lipatlah bagian sisa kain di pingganggmu.
  4. Setelah kamu selesai merapikan lipatan kain kimono di bagian pinggangmu, ikatlah bagian tersebut dengan sabuk koshihimo.
  5. Lapisi sabuk koshihimo tadi dengan menggunakan obi, dan bentuklah obi tersebut menjadi pita dengan bantuan makura pada bagian belakang tubuhmu.

Itulah langkah-langkah menggunakan kimono dan yukata. Semoga dapat bermanfaat dan dapat mempercantik penampilanmu dengan yukata maupun kimono.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here