Apa Itu May Blues, Dan Bagaimana Mengatasinya?

0
803
views

April di Jepang menandai saat banyak perubahan terjadi. Beberapa orang pergi berlibur, sementara yang lain senang dengan pekerjaan baru atau lingkungan sekolah. April adalah saat yang menyenangkan bagi masyarakat Jepang.

Namun, kegembiraan mereka seperti hilang di bulan Mei. Setelah semua aktivitas di bulan April, ada orang yang mengalami gangguan “penyakit” musiman seperti kondisi psikologis yang disebut “Gogatsu-byou” atau “Mei sickness.”

Apa itu Gogatsu-byou?

Di Jepang, rangkaian kenyataan di bulan Mei ketika orang mulai menyadari bahwa semuanya sudah kembali normal. Mereka merasa kehidupan mereka seperti monoton. Sehingga mereka seperti kehilangan mood atau motivasi hidup untuk menjalani aktivitas mereka.

Gejala Gogatsu-byou meliputi insomnia, penurunan atau peningkatan nafsu makan, kegugupan, kegelisahan, perubahan suasana hati, depresi, dan sifat-sifat sejenis lainnya.

Jika Anda adalah penduduk baru di Jepang, Anda mungkin tidak dapat segera memperhatikan hal ini atau mengalaminya kecuali jika Anda tinggal di negara ini selama beberapa tahun.

Bagaimana Gogatsu-byou mempengaruhi orang?

Fenomena ini mempengaruhi sejumlah orang Jepang, terutama mahasiswa baru dan pekerja baru, sampai tingkat tertentu. Hal ini juga dapat menyebabkan gejolak yang kuat dalam hubungan pribadi. Orang tampak terlalu sensitif dan teman cenderung tidak minum. Dikatakan bahwa jumlah hari sakit yang diambil oleh karyawan juga meningkat.

Ini adalah fakta bahwa orang, pada dasarnya, takut akan perubahan mendadak. Setelah berminggu-minggu liburan dan kenikmatan, orang biasanya merasa sedikit tidak nyaman dan merasa sulit menyesuaikan diri.

Orang yang berbeda menghadapi hal-hal yang berbeda. Kebanyakan orang mengatasinya hanya dalam beberapa hari dan pergi ke sekolah atau kantor, seperti biasa, untuk menyelesaikan tugas mereka. Dan kemudian ada orang-orang yang terpengaruh oleh apa yang disebut “Mei sickness” yang hanya merasa tidak termotivasi.

Meski begitu, jangan merasa takut saat May datang. Ada banyak cara bagi Anda untuk mengatasinya. Berinvestasi dalam dan mengurus diri sendiri. Berbicara dengan seseorang jika Anda harus dan jangan biarkan perubahan membuat Anda takut atau menurunkan semangat Anda.

Kalahkan May Blues jika Anda berencana tinggal di Jepang untuk jangka waktu yang lama. Hanya karena liburan berakhir tidak berarti dunia berakhir. Ada banyak cara untuk mencegah penyakit Mei terjadi pada Anda. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memperoleh pola pikir yang tepat.

Mudah-mudahan, dengan artikel ini, Anda tahu lebih banyak tentang Gogatsu-byou dan kemungkinan alasan di baliknya. Apapun itu Mei atau bukan. Ganbate!

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here