Rahasia Awet Muda Orang Okinawa

    0
    758
    views

    Jumlah centenarian (orang yang usianya lebih dari 100 tahun) di Okinawa adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Dipercaya bahwa orang-orang Okinawa adalah orang-orang yang paling sehat dan hidup paling lama. Salah satu alasan utamanya adalah karena cara makan mereka yang sehat. Sebenarnya, Apa rahasia dibalik panjangnya umur mereka?


    Hara Hachi Bu

    Hara hachi bu, atau hara hachi bun saya, adalah nilai yang diterapkan oleh masyarakat Okinawa. Hara hachi bun saya bisa diterjemahkan secara kasar menjadi “perut 80% penuh” dan mengacu pada filosofi makan sampai Anda kenyang 80%.

    Ini hanya panduan kasar karena tidak ada cara praktis untuk mengetahui bahwa Anda sudah makan sampai Anda kenyang 80%. Tapi, ada perbedaan antara saat Anda berhenti makan saat Anda tidak lapar lagi dan makan sampai kenyang.

    Bisa juga dihitung 1800 sampai 1900 kalori per hari yang merupakan jumlah kalori yang dikonsumsi oleh orang Okinawa. Jumlah kalori ini sebenarnya beberapa ratus kalori lebih rendah dari jumlah kalori yang diresepkan untuk orang Amerika yang sehat.

    Sayuran

    Yang Anda makan lebih penting daripada jumlah kalori yang Anda konsumsi. Mengkonsumsi 100 kalori apel pasti tidak sama dengan mengkonsumsi 100 kalori gula. Orang-orang Okinawa diketahui mengkonsumsi jumlah yang tinggi: sayuran, terutama yang hijau dan yang kuning. Mereka juga mengkonsumsi sejumlah ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan tahu yang sehat. Mereka juga tidak banyak makan daging, telur, gula, atau susu.

    Kesimpulannya, orang Okinawa sangat berkomitmen untuk hidup sehat. Terlebih dalam urusan makan mereka seperti mempraktekkan apa yang di sampaikan Nabi Muhammad ribuan tahun silam “Makanlah setelah lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang”. Anda juga mau berumur panjang? Silakan mempraktikkannya. 🙂

    Tokyo Medical Tour

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here