Hebatnya Teknologi Robotika Jepang Kini

0
400
views
Mantan astronot dan direktur museum, Mamoru Mori (2nd R), dan profesor Universitas Osaka Hiroshi Ishiguro (2nd L) berpose dengan robot humanoid manusia baru "Otonaroid" (R) dan "Kodomoroid" (L) di Museum Nasional

Robot bisa berteman dengan manusia? Sepertinya mustahil. Tapi teknologi di Jepang ini membuktikan hal yang mustahil itu menjadi sesuatu yang nyata.

Semakin lama semakin banyak teknologi robot humanoid yang di buat di Jepang. Inilah beberapa diantaranya.

Kodomoroid

Kodomoroid adalah penyiar android pertama di dunia. Kata Kodomoroid adalah kombinasi dari ‘kodomo’ yang berarti anak dalam bahasa Jepang dan ‘roid’ dari kata android. Seperti yang bisa Anda lihat, Kodomoroid juga terlihat seperti anak kecil dan merupakan robot android teleoperated. Kodomoroid mampu membaca laporan berita yang dikumpulkan dari seluruh dunia dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu dalam bahasa dan suara yang berbeda.

Mantan astronot dan direktur museum, Mamoru Mori (2nd R), dan profesor Universitas Osaka Hiroshi Ishiguro (2nd L) berpose dengan robot humanoid manusia baru “Otonaroid” (R) dan “Kodomoroid” (L) di Museum Nasional

Otonoid

Otonaroid adalah android yang bisa berbicara dan melakukan percakapan. Sedangkan Kodomoroid adalah anak, Otonaroid adalah android dewasa. Namanya berasal dari kata bahasa jepang untuk orang dewasa, ‘otona’. Otonaroid juga merupakan android teleoperated yang dikendalikan oleh sensor gerak built-in yang mengikuti arah yang dihadapi oleh controller. Tombol juga digunakan untuk membuat Otonoid memindahkan tangannya. Otonaroid ada di pameran eksperimental di mana Anda dapat mengalami percakapan tatap muka dengan robot android dan juga mengoperasikannya.

 

Kedua androids ini telah membuat dampak baru dalam ekspansi robotika Jepang. Di Jepang, sejumlah organisasi bekerja berdampingan dengan robot, membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah. Tentunya jumlah robot akan semakin meningkat dalam waktu dekat.

 

Save

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here