Inilah ! Gaya Penginapan Tradisional Ala Jepang (Part 1)

0
768
views
Bagian Luar Ryokan. Ada jinrikisha (becak) yang diparkir di pintu masuk

Menyenangkan jika kita berkesempatan mengunjungi Jepang. Negeri Sakura ini memang menarik untuk dikunjungi terlebih untuk sekedar berlibur.

Jika anda termasuk yang sangat menyukai kenyamanan dalam kesederhanaan, gaya penginapan tradisional Jepang ini sangat cocok untuk anda. Penginapan gaya tradisional ini disebut dengan Ryokan.

Sejarah Ryokan

Asal ryokan mula Ryokan adalah semenjak zaman  Edo (1603-1868). Ketika periode perang sipil berakhir dan pemerintahan dipimpin oleh klan shogun Tokugawa, situasi politik negara tersebut stabil dan sistem jalan raya dibangun.

Saat itu, pemerintah menyewa sankinkotai, lalu penguasa setempat memanggil daimyo (pasukan) untuk memindahkan tempat tinggal mereka ke kota Edo (sekarang Tokyo) pusat pemerintahan kala itu.

Jalan raya dilengkapi dengan honjin (markas pasukan), atau kantor daimyo, di sekitar tempat pemujaan,  penginapan  atau shukubamachi mulai dikembangkan. Juga hatago (penginapan pelancong), biasanya untuk para pedagang. 

Dibangunnya  shukubamachi, honjin dan hatago ini menjadi asal mula ryokan hari ini.

Tampilan Bagian Depan Ryokan

Beberapa ryokan  menggunakan bangunan kuno yang terdaftar sebagai aset budaya  nasional Jepang. Bentuk bangunan yang nampak bersejarah dan lingkungan terpencil membuat kita  seolah-olah berada di  Jepang 100 tahun lampau.

 

Bangunan Ryokan, Aset Budaya Jepang
Bagian luar Ryokan.Tirai noren yang tergantung di atas pintu,menandakan ryokan terbuka untuk bisnis (Ryokan Sawanoya).

 

Bagian Luar Ryokan. Ada jinrikisha (becak) yang diparkir di pintu masuk

Ini bagian luarnya, penasaran dengan bagian dalamnya?

[…]Bersambung ke Part 2[…]

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here