Kejar Ketertinggalan dalam Mobil Listrik, Toyota dan Mazda Berkolaborasi

0
567
views
Kerjasama Toyota dan Mazda

NIINDO.com – Toyota dan Mazda mengumumkan kolaborasi dalam pengembangan kendaraan listrik serta teknologi swakemudi.

Mengutip www3.nhk.or.jp, Toyota akan membeli sekitar 5% saham di Mazda dengan nilai US$450 juta, sementara Mazda akan memperoleh 0,25% saham Toyota.

Sebelumnya, kedua perusahaan ini telah bermitra sejak tahun 2015 dalam berbagai bidang termasuk teknologi lingkungan.

Permintaan atas kendaraan listrik diperkirakan meningkat setelah Eropa, AS, dan Cina memperketat peraturan untuk emisi mobil.

Sejauh ini, dua pabrikan mobil ini belum memproduksi kendaraan listrik sehingga mereka ingin mengejar ketertinggalan dalam persaingan dunia melalui aliansi ini.

Selain itu, Toyota dan Mazda Keduanya juga mempertimbangkan pembangunan bersama sebuah pabrik baru di AS senilai US$ 1,6 miliar. Hal ini akan memungkinkan Mazda memulai produksi lokal untuk pasar utamanya di AS.

Toyota berada pada peringkat ketiga dalam jumlah unit terjual di paruh pertama tahun ini, setelah Renault-Nissan membentuk kelompok dengan Mitsubishi Motors dan Volkswagen. Toyota ingin kembali memimpin melalui aliansi dengan Mazda.

Terkait dengan rencana ini, Menteri Perhubungan Jepang Keiichi Ishii menyambut baik langkah Toyota dan Mazda. Dia menyatakan hal ini akan memperkuat daya saing internasional kedua pabrikan otomotif tersebut.

Kepada wartawan pekan lalu, Ishii menyatakan pabrikan otomotif menghadapi tantangan dalam pengembangan teknologi maju, mobil swakemudi, dan langkah-langkah ramah lingkungan.

Ia menyatakan pengaruh sinergitas dari aliansi ini akan membantu meningkatkan fitur-fitur keselamatan dan teknologi lingkungan serta meningkatkan daya saing internasional pabrikan Jepang. (Arini Hidayat)

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here