Asuransi Cyber Makin Laris di Jepang

0
484
views
Cyber-Insurance-japan

Negeri Sakura telah melihat terjadinya suatu peningkatan yang cukup signifikan pada pemegang polis induk asuransi yang digunakan untuk melindungi bisnis dan pengguna individual dari risiko dunia maya.

Seperti informasi dari Asia Insurance Review, jumlah polis asuransi cyber pada tahun fiskal 2016 sampai Maret 2017 meningkat dari periode sebelumnya. Mitsui Sumitomo Insurance mengatakan bahwa terjadinya kenaikan adalah sebesar 250%. Adapun, Asuransi Kecelakaan Tokio Marine & Nichido mengatakan bahwa kenaikannya mencapai tiga kali lipat.

Sementara, AIU Insurance mengatakan bahwa kenaikannya sebesar 50%, sedangkan Asuransi Sompo Japan Nipponkoa mengatakan bahwa premi meningkat sebesar 350%.

Dibalik peningkatan jumlah polis asuransi maya, kalangan bisnis mengakui bahwa kerugian terjadi cukup besar bisa saja muncul dari pencurian informasi yang dapat menghambat operasi.

Menurut penelitian Japan Network Security Association, yang merupakan sebuah organisasi nirlaba, ada sekitar 468 kasus pencurian informasi melalui serangan cyber dan cara lain pada tahun lalu. Walaupun jumlahnya turun 320 kasus dari tahun sebelumnya, jumlah korban yang memiliki informasi pribadi yang dicuri melonjak dari 10,15 juta menjadi 15,1 juta pada periode yang sama. Diantara 10 kasus teratas, delapan kasus disebabkan oleh serangan cyber.

Asuransi cyber terutam yang mencakup risiko terkait dengan serangan cyber. Risiko tersebut meliputi biaya kompensasi kerusakan dari pencurian informasi, biaya penelitian kemungkinan terjadinya kerusakan, dan kerugian dari penghentian kegiatan penjualan atau jalur perakitan.

Beberapa kebijakan asuransi maya juga mencakup biaya pemeriksaan yang dilakukan ketika perusahaan mungkin terkena serangan cyber, dan selanjutnya iklan meminta maaf atas terjadinya dampak serangan tersebut.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here