Budaya Positif Masyarakat Jepang yang Bisa Ditiru

0
1289
views

Jepang terkenal sebagai negara maju dan disiplin yang tinggi, selain itu masyarakat Jepang juga memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda dengan masyarakat yang ada di belahan dunia lainnya. Beberapa budaya masyarakat Jepang ternyata memiliki budaya positif yang bisa ditiru.

Budaya Rasa Malu

Masyarakat Jepang memang sangat menjujung tinggi pentingnya harga diri, sehingga hal ini membuat mereka memiliki gengsi yang tinggi. Dampaknya hal tersebut memacu mereka untuk melakukan hal baik dan tidak melenceng dari peraturan yang ada. Bahkan masyarakat Jepang menganggap orang jahat adalah orang yang tidak mengerti balas budi atas kebaikan orang lainn terhadap dirinya dan tidak ingin tunduk dari aturan.

Beberapa hal tersebut membuat orang Jepang akan berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak melakukan hal  – hal buruk. Masyarakat Jepang memandang balas budi menjadi suatu hal yang wajib. Terutama kewajiban balas budi mereka terhadap Negara nya, oran tua , leluhur dan tanggung jawab terhadap pekerjaan. Beberapa hal tersebut membuat orang Jepang menjadi mandiri.

Masyarakat yang Bertanggung Jawab

Orang Jepang terkenal dengan masyarakat nya yang memiliki tanggung jawab tinggi. rasa tanggung jawab ini muncul karena sifat balas budi dan mementingkan nama baik mereka agar tidak membuat malu. Nilai – nilai ini sudah mendarah daging oleh masyarakat Jepang. Biasanya orang Jepang akan memperbaiki kesalahannya karena mereka memiliki rasa tanggung jawab.

Belajar dari Negara Tetangga

Walaupun Jepang termasuk Negara yang tidak mengenal dosa, namun mereka memiliki nilai positif setiap individu yang berdampak terhadap sesamanya. Hal ini membuat nilai – nilai baik menjadi budaya dari leluhur mereka.

Beberapa budaya di Jepang tersebut seperti belajar dari rasa malu dan bertanggung jawab membuat mereka melakukan beberapa hal – hal positif lain untuk menghargai waktu agar tidak terlambat, dan beberapa hal kecil lainnya juga dianggap penting oleh mereka.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here