Biaya Riset Pabrikan Jepang Tembus Rekor

0
519
views

Riset dan Pengembangan (R&D) tujuh pabrikan utama Jepang diperkirakan menghabiskan dana sekitar 2,85 triliun Yen atau sekitar Rp 341,4 triliun pada tahunn 2017 ini, dan mencetak rekor baru.

Untuk perusahaan – perusahaan besar seperti Nikkei, R&D Honda, Suzuki, Mazda ,Subaru, Toyota, Nissan dan Mitsubishi mengalami kenaikan sebesar 7%. Empat dari pabrikan besar yang telah disebutkan pertama telah mengalokasikan dana riset terbesar sepanjang sejarah perusahaan.

R&D Toyota dan Nissan masih kalah ketimbang rekor di 2015. Sementara untuk Mitsubishi mengalami kenaikan sekitar 20% untuk dana risetnya.

Pengeluaran dana besar – besaran yang dilakukan oleh pabrikan Jepang tersebut ternyata adalah untuk kecanggihan teknologi. Mereka lebih menargetkan pada pengembangan teknologi seperti otonomos dan mobil ramah lingkungan.

Menurut keterangan Presiden Toyota, Akio Toyoda. Perusahaannya dan para kompetitornya lebih memilih untuk menginvestasikan dana lebih banyak untuk kebutuhan jangka panjang, daripada proyek – proyek yang hanya bersifat sementara jangka pendek hingga menengah.

Selain itu, dilain pihak. Perusahaan otomotif lainnya juga melakukan hal yang sama. Seperti halnya Volkswagen yang dalam 5 tahun terakhir telah mengalokasikan dana sebesar 9 miliar Euro untuk proyek elektrifikasi. Sedangkan General Motors (GM) mengalokasikan dana sebesar US$ 8,1 miliar.

Mereka tidak segan – segan untuk mengeluarkan dana yang besar demi kelangsungan jangka panjang pabrikannya untuk bersaing di pasaran.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here