Jetro Bantu Perusahaan Jepang Mencari TKA Untuk Memperoleh Tenaga Kerja Bermutu

0
668
views

Kurangnya tenaga kerja di Jepang terjadi seiring dengan berkurangnya jumlah penduduk Jepang saat ini, bahkan penduduk di Jepang pada tahun 2100 diperkirakan tidak mencapai 60 juta jiwa. Beberapa faktor berkurangnya pertumbuhan penduduk di Jepang dikarenakan kesenjangan tingkat kelahiran dan kematian di Jepang.

Chairman dan CEO Organisasi perdagangan luar negeri Jepang (Jetro) memaparkan, “permasalahan sumber daya manusia (SDM) menjadi masalah yang cukup besar saat ini bagi perusahaan Jepang dan Jetro berusaha membantu banyak perusahaan Jepang untuk men solusikan hal ini”. (26/5/2017).

Padahal Jetro sudah berusaha mempromosikan kemungkinan adanya kartu hijau (green-card) di tahun lalu untuk warga asing memenuhi kriteria seperti profesional, memiliki ketrampilan khusus kerja yang berkualitas baik dan mau hidup lama di Negeri Sakura.

Selain itu, bagi warga asing yang mau menjadi tenaga kerja di perusahaan Jepang harus melakukan konsultasi visa dan imigrasi, untuk bekerja di Jepang oleh perusahaan asing yang di Jepang.

Inisiatif baru yang dilakukan Jetro adalah dengan cara mendekati pelajar asing yang tinggal di Jepang, kemudian membuatkan kegiatan yang pada nantinya dapat menciptakan jaringan kerja antara pelajar asing yang ada di Jepang dan perusahaan asing di Jepang.

Hal tersebut akan dilakukan Oktober 2017. Selain itu pula Jetro akan mengadakan berbagai kegiatan serupa pencocokan pelajar asing dengan perusahaan Jepang di daerah – daerah, kerjasama dengan sekolah – sekolah yang ada di daerah, di masa depan.

Selain itu pihak Jetro akan melakukan kerjasama dengan Pasona yang merupakan perusahaan perekrut tenaga kerja Jepang, untuk membuat program internship bagi pelajar asing di luar Jepang yang mau menjadi intern di Jepang dalam kurun waktu sekitar 3 bulan.

Pihak Jetro mengatakan bahwa semuanya gratis termasuk tiket pergi-pulang ke negara yang bersangkutan.

Dari kegiatan internship tersebut diharapkan dapat memperoleh pelajar yang berkualitas dari berbagai negara yang melewati seleksi baik, masuk ke Jepang dan dapat membantu mengisi lowongan kerja. Dengan begitu akan diperoleh tenaga kerja asing yang berkualitas dan memiliki kemampuan penguasaan bahasa Jepang.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here