Keinginan Jepang Dalam Meningkatkan Kerjasama Bidang Militer Dengan Indonesia

0
494
views

Puncak perayaan Japan Self Defense Forces Day, Hari Ulang Tahun Pasukan Bela Diri ke-63  yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia. peringatan ini menjadi salah satu momentum untuk menghormati kontribusi tentara Jepang dalam menjaga perdamaian dunia pada kamis malam, (18/5/2017) di Hotel Indonesia Jakarta puusat dibuka oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii dan dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah RI dan veteran tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Dalam acara tersebut  pada intinya Jepang ingin meningkatkan hubungan kerjasama di bidang militer dengan Indonesia. peningkatan kerjasama Jepang dengan Indonesia tersebut ditujukan agar kedua negara dapat secara bersama – sama berkontribusi secara positif pada stabilitas kawasan secara keseluruhan. Keinginan pihak Jepang ini disampaikan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

Dalam pernyataannya, Dubes Ishii mengatakan bahwa upaya peningkatkan kerjasama yang dilakukan oleh Jepang dan Indonesia ini untuk menyeimbangkan sikap pemerintah Tiongkok yang menurutnya dirasa sangat agresif  di Laut Tiongkok Selatan (LTS). LTS sendiri merupakan suatu wilayah perairan yang sedang dalam persengketakan antara Tiongkok dan beberapa negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Lebih lanjutnya, Dubes Ishii juga menjelaskan bahwa peringatan hari jadi Pasukan Bela Diri Jepang merupakan salah satu momentum penting untuk masyarakat Jepang, hal ini dikarenakan Pasukan Bela Diri yang sudah dibentuk sejak 1954 oleh Kementerian Pertahanan, sudah banyak membantu pemerintahan Jepang dalam masa – masa sulit. Jadi tidak heran jika moment ini menjadi moment penting bagi Jepang.

Seiring berjalannya waktu, Pasukan Bela Diri Jepang sudah menunjukkan banyak perkembangan sejak terbentuknya. Mulai dari yang dulunya hanya berjuang untuk mempertahankan Jepang sebagai negara berdaulat. Kemudian menjadi Pasukan Bela Diri Jepang yang ikut terlibat membantu bencana alam, dan membantu komunitas internasional dalam koridor kerjasama bagi perdamaian dunia yang dikenal baik di komunitas internasional. Untuk saat ini Pasukan Bela Diri Jepang sudah secara aktif berkontribusi pada perdamaian dunia.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here