Indonesia dan Jepang Terus Meningkatkan Hubungan Kerjasama Disektor Pertahanan

0
560
views

Hubungan diplomatik Jepang sudah terjalin sejak April 1958 lalu sejak ditandatanganinya Perjanjian Perdamaian antara Jepang dengan Republik Indonesia. Negara Jepang bagi Indonesia menjadi salah satu negara mitra dagang strategis terbesar di kedua tahun lalu.

Beberapa komoditas penting yang diimpor oleh Jepang dari Indonesia diantaranya gas alam cair, minyak, batubara, mineral, pulp, udang, tekstil, mesin dan peralatan listrik. Dari Jepangnya sendiri juga mengekspor barang ke Indonesia diantaranya mesin dan suku cadang kendaraan, produk plastik dan kimia, baja, peralatan listrik, suku cadang elektronik dan mesin peralatan transportasi.

Wakil dari Menteri Pertahanan RI, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementrian Pertahanan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto menegaskan hubungan diplomatik tersebut terus mengembangkan kerasama terutama di sektor pertahanan untuk meningkatkan stabilitas di wilayah masing – masing. Antara Indonesia-Jepang memiliki hubungan mendalam antara pasukan pertahanan Jepang dan Indonesia. “Menurutnya ada hubungan mendalam antara pasukan pertahanan Jepang dan Indonesia” dalam acara resepsi Ulang Tahun ke-63 “Japan-Self Defense Force” di Jakarta.

Harapannya, hubungan bilateral tersebut terus ditingkatkan untuk menjalin kerjasama yang lebih lanjut. Oleh karenanya, tiga elemen penting untuk selalu dikedepankan untuk meningkatkan hubungan bilateral mereka yaitu saling pengertian, kepercayaan dan rasa hormat dalam berbagai macam bentuk kemitraan dan kerjasama.

Sementara itu, menurut Duta Besar Jepang untuk Indonesia yaitu Masafumi ISHII mengatakan bahwa Jepang dan Indonesia akan secara terus – menerus untuk meningkatkan kerjasama di berbagai macam bidang, termasuk diantaranya adalah bidang pertahanan dan ekonomi. Menurutnya, Jepang memiliki ikatan ekonomi yang erat dan saling berbagi strategi pertahanan. Indonesia dan Jepang sama – sama memiliki peran penting bagi keduanya dalam segala hal.

Masafumi juga menambahkan bahwa kedua Jepang dan Indonesia juga perlu meningkatkan kerjasama di bidang komunikasi strategis sehingga membuat hubungan keduanya menjadi sangat dekat dan penting. Oleh karenanya, ia juga berharap bahwa Indonesia dan Jepang akan selalu mendorong dan meningkatkan hubungan kerjasama yang jauh lebih baik kedepannya yang terus ditingkatkan sejak dini.

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here