6 Kiat Sukses berbisnis dengan Orang Jepang – Bagian 2

0
317
views
Tentang Niindo.com

Lanjutan dari Bagian Pertama :
Jepang terkenal sebagai Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia. Kenyataan ini memang tidak mengherankan di mata dunia bahwa Negara Jepang temasuk Negara Maju. Kemajuan Negara Jepang tidak luput dari kerja keras setiap orangya. Mayoritas orang Jepang memiliki etos dan etika kerja yang sangat baik dibandingkan Negara ASIA lainnya. Negeri Sakura menjadi salah satu negara yang telah berhasil memadu padankan unsur tradisional dan modern dalam dunia bisnis mereka. Unsur modern Jepang diterapkan pada kecanggihan teknologi yang mereka miliki, sedangkan untuk unsur tradisionalnya mereka terapkan pada etika Jepang. Jadi walaupun Jepang terkenal sebagai Negara yang maju, mereka tidak meninggalkan unsur tradisional yang mereka miliki dalam dunia bisnis mereka.

4. Istilah “Profit” adalah hal yang kurang disukai Jepang

Walaupun Jepang populer sebagai Negara maju, mayoritas orang jepang dalam dunia bisnisnya mereka lebih mengutamakan loyalitas  dan hubungan yang harmonis dengan kemitraan bisnis mereka. Ketika berbisnis dengan orang Jepang hendaknya untuk bisa lebih mementingkan hubungan yang baik dibandingkan dengan kepentingan profit. Di Jepang profit bukan hal yang tidak penting, namun mereka lebih senang membahas mengenai market share dan pertumbuhan bisnis yang sedang dilaksanakan. Bisnis orang Jepang lebih mengutamakan tujuan bisnis yang positif  dengan memiliki hubungan  yang baik dibandingkan dengan tujuan untuk meraih keuntungan semata.

5. Memberi tanggapan gratifikasi

Jika memperoleh sebuah imbalan atau pun bonus di luar suatu perjanjian dalam kemitraan, sebaiknya untuk bisa mengetahui terlebih dahulu alasan dan tujuan pemberian tersebut sebelum menerimanya. Jika orang Jepang memberikan suatu imbalan, biasanya mereka ada maksud dan tujuan tertentu kenapa mereka memberikannya. Biasanya orang Jepang akan menunggu balasannya namun bukan berupa hadiah seperti yang mereka berikan.

6. Berhati – hatilah ketika ingin meminta suatu penjelasan

Ketika tidak paham apa yang sudah mereka jelaskan pada anda, untuk meminta penjelasan apa yang  belum jelas sebaiknya berhati – hati jangan sampai menyinggung mereka. Biasanya ketika orang meminta penjelasan apa yang belum dipahami, mereka akan segera bertanya. Namun etika seperti ini tidak berlaku di Jepang, ketika anda tidak paham sebaiknya menunggu terlebih dahulu sampai selesai menjelaskan. Setelah selesai, barulah anda bisa memberikan pernyataan permintaan maaf terlebih dahulu dan mengatakan untuk meminta penjelasan yang lebih rinci pada bagian mana yang belum anda pahami.

 

Tokyo Medical Tour

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here