Beranda Kemitraan 6 Tahun Terakhir Investasi Jepang di Indonesia Semakin Meningkat

6 Tahun Terakhir Investasi Jepang di Indonesia Semakin Meningkat

651
0
Pedestrians walk past Japan Exchange Group Inc.'s Tokyo Stock Exchange (TSE) on the first trading day of the year in Tokyo, Japan, on Friday, Jan. 4, 2013. Japan Exchange, created by the merger of Japan's two biggest bourses, fell in its trading debut on the Tokyo Stock Exchange. Photographer: Kiyoshi Ota/Bloomberg

Investasi asing untuk saat ini memiliki peran yang sangat penting pada proses internasionalisasi bisnis. Hal ini dianggap dapat merefleksikan berbagai kepentingan yang tidak hanya untuk negara investor saja, namun juga bagi negara – negara tujuan investasi. Bagi beberapa negara yang tergolong dalam negara berkembang seperti Indonesia, keberadaan investasi asing sangat penting untuk perekonomian negara tersebut. mengingat keterbatasan sumber modal nasional yang masih belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan perekonomian yang semakin meningkat. Investasi dari negara – negara maju seperti negara Jepang membuat hubungan kerjasama Indonesia – Jepang yang sangat bergantung satu sama lainnya sudah berlangsung sejak dulu.

Hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Jepang sudah terjalin sejak lama. Negara Jepang dikenal sebagai negara maju yang memiliki konstribusi tinggi bagi negara berkembang seperti Indonesia di bidang pembangunan ekonomi. Hubungan kerjasama Indonesia – Jepang masih terjalin baik sampai saat ini dan bisa dibilang Jepang mampu menjadi mitra baik dalam menjalankan investasinya dengan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Hal ini terbukti dengan rencana penyelenggaraan 60 tahun “Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang” yang akan segera dilaksanakan pada tahun 2018.

Dari hasil catatan dari BKPM, pada 6 tahun terakhir nilai investasi Jepang di Indonesia termasuk yang terbesar dibandingkan dengan negara – negara lainnya. Berdasarkan data dari BKPM mencatat pada tahun 2011 investasi Jepang berada di urutan kedua dengan nilai sebesar USD1,5 miliar, 2012 juga masih berada di urutan kedua dengan nilai USD2,5 miliar, dan pada tahun 2013 berada pada urutan pertama dengan nilai USD4,7 miliar.  Selanjutnya pada 2014 kembali berada di urutan kedua dengan nilai investasi sebesar USD2,7 miliar, 2015 berada di urutan ketika dengan nilai USD2,9 miliar dan pada tahun 2016 tercatat investasi Jepang senilai USD5,4 miliar menempati urutan kedua. Dari data investasi tersebut menunjukkan bahwa Jepang mampu menjadi mitra yang baik untuk Indonesia dan memiliki konstribusi besar terhadap pembangunan ekonomi Indonesia.

Selain dengan melakukan investasi secara langsung, Jepang juga memberikan konstribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan teknologi. Terbukti dengan proses transformasi teknologi di berbagai industri yang ada di Indonesia saat ini yang sudah mulai berkembang dan majunya perekonomian nasional. kemajuan perekonomian Indonesia tidak lepas dari konstribusi Jepang di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here